aaargh.

friends, berkat kecerdasan otak gue, gue berhasil menghilangkan seluruh widget gue termasuk chatbox dan link2 blog lain. if you drop your link at my new cbox, I would be grateful. Thanks before!

26 June 2009

Mo chuisle! Mo chuisle!



Million Dollar Baby (2004) adalah film arahan sutradara Clint Eastwood (Changeling) yang sekaligus berperan dalam film ini. Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Maggie Fitzgerald (Hillary Swank, P.S. I Love You) yang bercita-cita menjadi seorang petinju, sehingga ia meminta bimbingan dari sebuah gym tinju yang dipimpin oleh Frankie Dunn (Clint Eastwood), yang memiliki seorang anak perempuan yang tidak pernah dia temui, dan Eddie 'Scrap-Iron' Dupris (Morgan Freeman, Wanted), yang merupakan juara tinju pada saat masa mudanya. Pada awalnya, Frankie tidak menyetujui Maggie berlatih di gym-nya, dengan alasan dia seorang perempuan. tapi, Scrap yang yakin Maggie memiliki bakat dalam hal tinju, terus mendesak Frankie untuk melatihnya. and Scrap was right, setelah berlatih dan terus berlatih, Maggie akhirnya dapat diikutkan dalam kejuaraan-kejuaraan tinju. and as the time goes on, Maggie memenangi beberapa pertandingan tinju, until something happened to her.



The Charm :
  1. WOW. I'm not a big fan of boxing, but this one is nearly dumping me to ESPN. cara ngambil gambar selama pertandingan berlangsung bener-bener bikin kita ngerasa kalo kita ikutan nonton live dari sisi arena. atmosfer pertandingannya bener-bener kerasa, dari petinjunya, settingnya, sampe crowd-nya.
  2. Akting Hillary Swank ngebikin kita ngerasa kalo dia betulan petinju, badannya aja sampe atletis gitu. apalagi tonjok-tonjokannya kerasa real, beda sama sinetron-sinetron Indosiar (iyalah).
  3. Cerita yang dalam. Setiap tokoh memiliki konfliknya sendiri, seperti Maggie yang berusaha menjadi petinju dan ingin seseorang percaya kalau dia benar-benar memiliki bakat tinju, Frankie yang berusaha membantu Maggie mencapai mimpinya, dan Scrap yang harus mengurusi gym sekaligus masa lalunya ketika Frankie sedang pergi menemani Maggie ke kejuaraan.
  4. Ending yang sangat oke. Pada awalnya, saya sudah berpikir, 'ah paling nanti ujung-ujungnya Maggie jadi juara dunia atau apalaah, yang pasti happy ending'. tapi, setelah film diputar selama satu setengah jam, pikiran saya berubah. Ternyata, ini bukan film mengenai kemenangan, ini film mengenai keberanian.
  5. Film ini dinaratori oleh Morgan Freeman. Suara beratnya bikin film jadi lebih 'rich', dan kita jadi bisa lebih tahu banyak tentang tokoh-tokoh lain karena POV-nya diambil dari sudut pandang Scrap.
The Ugly Thing :
  1. Ada satu pertanyaan tak terjawab yang dari selesai nonton hingga sekarang masih menggantung di otak saya. (spoiler) di saat Maggie cedera berat, dia kan dipasangi ventilator. tapi, dia tetap bisa berbicara. how come?
  2. Saya pribadi kecewa bukan Morgan Freeman yang menjadi Frankie. Padahal, kelihatannya dia lebih cocok dari Clint Eastwood.
  3. For some people, it's not comfortable to see a woman bleeding because of fighting.



Trivia :
  1. Hillary Swank ternyata berlatih tinju dulu sebelum shooting (nyontek IMDb)
  2. Film ini diambil dari buku 'Rope Burns: Stories From the Corner' karya F. X. Toole.
  3. Terdaftar sebagai Top 250: #149 per tanggal hari ini.
  4. Memenangi 4 piala Oscar tahun 2005 untuk kategori Best Achievement in Directing (Clint Eastwood), Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Morgan Freeman), Best Performance by an Actress in a Leading Role (Hillary Swank), dan penghargaan-penghargaan lainnya.
Conclusion : Very Recommended movie. Kekerasannya tidak terlalu 'parah', jadi tidak terlalu menganggu bagi mereka yang tidak terlalu menyukai adegan kekerasan.

Rating : 8/10

0 Reactions: