aaargh.

friends, berkat kecerdasan otak gue, gue berhasil menghilangkan seluruh widget gue termasuk chatbox dan link2 blog lain. if you drop your link at my new cbox, I would be grateful. Thanks before!

19 July 2009

The Timeless Classic Of Growing Up and the Human Dignity That Unites Us All.

[mockingbird]

To Kill A Mockingbird (1961) adalah buku karya Harper Lee yang berkisah dari sudut pandang seorang anak berusia 6 tahun, Jean 'Scout' Louise Finch, tentang hidupnya bersama kakaknya, Jeremy 'Jem' Finch, dan ayahnya, Atticus Finch, yang berprofesi sebagai pengacara. Ia berteman dengan seorang anak laki-laki bernama Dill yang sedang menghabiskan musim panas di daerahnya. Di dekat rumahnya, ada seorang lelaki bernama Arthur "Boo" Radley, seorang yang (menurut gosip para tetangga) tidak pernah keluar dari rumahnya. Mereka mulai sering mengata-ngatai Boo Radley karena itu. Konflik selanjutnya terjadi saat Atticus Finch membela seorang kulit hitam bernama Tom Robinson yang dituduh telah memerkosa seorang wanita kulit putih.

The Charm :
  1. first impression gue tentang novel ini adalah : membosankan. I'm not a big fan of racism topic, but we can't judge a book by its cover. ternyata keren banget. waaa.
  2. ceritanya sebetulnya ruwet, tapi karena cerita ini diangkat dari sudut pandang anak kecil berusia 6 tahun, ceritanya terkesan lebih sederhana, tapi tidak menghilangkan moral dari cerita.
  3. segala sesuatu dijelaskan dengan rinci, tapi hebatnya nga bikin bosen.
  4. seperti yang ditulis di poin satu tadi : 'we can't judge book by its cover" adalah pesan moral dari novel ini.
  5. dua konflik yang sama besarnya, Arthur "Boo" Radley dan Tom Robinson, dan beberapa konflik kecil disana-sini, yang berujung pada satu ending yang mengagumkan.
The Ugly Things :
  1. hmm, apa ya? nyaris tanpa cacat sih menurut gue.
Trivia :
  1. buku ini diangkat menjadi film dengan sutradara Robert Mulligan, dan menjadi Top 250 di IMDb juga memenangkan Academy Award.
  2. memenangi Pulitzer Prize Winner. terjual lebih dari 30juta kopi di seluruh dunia, dan novel terlaris sepanjang masa versi Guinness World Records (menurut cover To Kill A Mockingbird versi teritan Qanita (yaah ketauan deh gue bacanya yang Indonesia))
  3. Satu-satunya novel oleh Harper Lee (geez, kenapa semua orang yang novelnya cuma satu selalu bagus? Emily Bronte, contohnya.)
Memorable Quotes : "You never really understand a person until you consider things from his point of view... Until you climb inside of his skin and walk around in it." --Scout Finch.

Rating : 9.5/10.

0 Reactions: